Cara Melihat Rekaman CCTV di Hp, Tips dan Cara Penggunaanya

Cara Melihat Rekaman CCTV di Hp, Tips dan Cara Penggunaanya – CCTV atau Closed-Circuit Television merupakan sistem pengawasan yang digunakan untuk mengawasi suatu area tertentu secara visual. CCTV dapat digunakan untuk mengawasi keamanan di rumah, gedung perkantoran, dan bahkan di jalan raya. Namun, seringkali kita tidak dapat mengawasi langsung keadaan di tempat tersebut karena sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain. Oleh karena itu, cara melihat rekaman CCTV di Hp dapat menjadi solusi yang tepat untuk memantau keadaan di lokasi tersebut.

Cara Melihat Isi Rekaman CCTV Melalui Android

  1. Download Aplikasi IMSeye
    Untuk melihat rekaman CCTV di Hp, pertama-tama kita perlu mengunduh aplikasi IMSeye. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store pada perangkat Android atau iOS.
  2. Membuat List Device CCTV DVR
    Setelah aplikasi IMSeye terunduh, langkah selanjutnya adalah membuat daftar device CCTV DVR yang ingin kita akses. Pilih menu “Device List” pada aplikasi IMSeye, kemudian klik “Add” untuk menambahkan device baru.
  3. Isi Form Device CCTV DVR
    Setelah memilih “Add”, kita akan diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti alamat IP, port, username, dan password. Informasi ini dapat diperoleh dari pihak yang memasang CCTV di lokasi yang ingin dipantau. Setelah mengisi informasi tersebut, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan.
  4. Kelebihan Menggunakan Hp Untuk Memantau CCTV

Menggunakan Hp untuk memantau CCTV memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Praktis dan fleksibel
    Dengan menggunakan Hp, kita dapat memantau keadaan di lokasi yang ingin kita awasi kapan saja dan di mana saja. Kita tidak perlu repot membawa laptop atau komputer untuk memantau CCTV.
  • Hemat biaya
    Menggunakan Hp untuk memantau CCTV dapat menghemat biaya karena kita tidak perlu membeli perangkat lain seperti monitor atau DVR.
  • Mudah dioperasikan
    Aplikasi IMSeye yang digunakan untuk memantau CCTV di Hp sangat mudah dioperasikan. Kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas untuk dapat mengakses rekaman CCTV.
Baca Juga  Cara Reset Hp Samsung J2 Prime, Paling Mudah

Mengatasi Streaming Cctv Di Android Putus Putus

Saat menggunakan Hp untuk memantau CCTV, terkadang kita mengalami masalah streaming yang putus-putus atau terhenti. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Pastikan koneksi internet stabil
    Koneksi internet yang stabil sangat penting untuk memastikan streaming CCTV tidak putus-putus. Pastikan jaringan wifi atau data seluler yang digunakan memiliki kualitas yang baik.
  • Atur kualitas streaming
    Pada aplikasi IMSeye, kita dapat mengatur kualitas streaming CCTV agar tidak terlalu berat dan mengganggu koneksi internet. Pilih menu “Setting” pada aplikasi IMSeye, kemudian atur kualitas streaming pada opsi “Video Quality”.
  • Tutup aplikasi yang tidak diperlukan
    Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di Hp dapat mengganggu kinerja perangkat dan mempengaruhi streaming CCTV. Pastikan hanya menjalankan aplikasi yang diperlukan saat memantau CCTV di Hp.
  • Bersihkan cache dan data aplikasi IMSeye
    Jika masalah streaming masih terjadi, kita dapat mencoba membersihkan cache dan data pada aplikasi IMSeye. Caranya adalah dengan membuka menu “App Info” pada pengaturan Hp, kemudian pilih aplikasi IMSeye dan pilih opsi “Clear cache” dan “Clear data”.

Cara Melihat Rekaman CCTV di Komputer

Selain menggunakan Hp, kita juga dapat melihat rekaman CCTV melalui komputer. Berikut ini adalah cara melihat rekaman CCTV di komputer:

  • Instal software DVR
    DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat yang digunakan untuk merekam dan menyimpan rekaman CCTV. Instal software DVR pada komputer untuk dapat mengakses rekaman CCTV yang telah disimpan.
  • Hubungkan DVR dengan komputer
    Sambungkan DVR dengan komputer menggunakan kabel LAN atau USB. Pastikan koneksi antara kedua perangkat sudah terhubung dengan baik.
  • Buka software DVR
    Buka software DVR yang telah diinstal pada komputer. Pilih opsi “Play” atau “Replay” untuk melihat rekaman CCTV yang telah disimpan.

Tips Menggunakan Hp untuk Memantau CCTV

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan Hp dalam memantau CCTV:

  • Pastikan Hp dalam kondisi terbaik
    Pastikan Hp dalam kondisi baik dan tidak mengalami masalah teknis seperti baterai yang lemah atau jaringan yang lemah. Hal ini dapat mengganggu kinerja Hp dalam memantau CCTV.
  • Pilih aplikasi IMSeye yang terpercaya
    Pilih aplikasi IMSeye yang terpercaya dan memiliki rating yang baik di Google Play Store atau App Store. Hindari menggunakan aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  • Jangan berikan informasi login pada orang lain
    Jangan berikan informasi login pada orang lain untuk mencegah informasi tersebut disalahgunakan atau disalahgunakan.
  • Simpan informasi login dengan aman
    Simpan informasi login dengan aman pada Hp atau media penyimpanan lain yang aman dan terenkripsi.
Baca Juga  Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di BIOS dan Penyebabnya

Kesimpulan

Dalam era digital ini, penggunaan CCTV sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di tempat yang kita miliki. Cara melihat rekaman CCTV di Hp dapat menjadi solusi praktis untuk memantau keadaan di lokasi yang ingin diawasi. Namun, kita harus tetap berhati-hati dan menggunakan aplikasi yang terpercaya agar informasi yang kita miliki tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, perawatan Hp yang baik dan koneksi internet yang stabil juga sangat diperlukan dalam menggunakan Hp untuk memantau CCTV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *