Apa itu Deep Web? Apa bedanya dengan Dark Web?

Apa itu Deep Web? Apa bedanya dengan Dark Web?

Istilah yang tentunya mulai familiar, deep web dan dark web sebenarnya bukanlah hal yang sama. Namun, web gelap adalah bagian dari web yang dalam. Seringkali membingungkan kedua istilah tersebut dan di lain waktu berpikir bahwa keduanya memiliki arti yang sama, tetapi bukan itu masalahnya.

Sebagian besar web dalam telah dikaitkan dengan sesuatu yang mengerikan di internet – seperti pasar gelap SilkRoad yang terkenal – tetapi tidak semua yang ada di web dalam itu ilegal atau buruk. Sekarang sebelum Anda melanjutkan dengan kesimpulan tentang web yang dalam dan betapa berbahayanya itu, cobalah membaca artikel ini.

APA ITU DEEP WEB?

Deep Web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses dan dilacak menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing. Mesin pencari tidak dapat mengindeksnya, sehingga tidak muncul saat Anda mencoba mencari di internet.

Anda mungkin secara teratur mengakses web untuk email, perbankan online, pesan langsung di Twitter, Instagram, dan lainnya. Namun ada situs web yang tidak muncul di internet melalui mesin pencari, karena situs tersebut dilindungi di balik paywall atau melalui kata sandi.

Di mana Deep Web juga disebut web Tidak Terlihat atau Tersembunyi tetapi Anda masih dapat mengaksesnya menggunakan CHROME ATAU SAFARI BROWSER.

APA ITU DARK WEB?

Dark web bukanlah bagian yang sama sekali berbeda dari internet tetapi merupakan bagian dari deep web itu sendiri tetapi tidak dapat diakses oleh penggunanya melalui internet BROWSER STANDAR ATAU PADA UMUMNYA.

Karena ingat SEBAGIAN BESAR Web gelap terdiri dari situs web yang menjual produk ilegal seperti obat-obatan atau kredensial akun yang diretas, serta situs web yang berisi penjualan senjata dan konten pornografi anak.

Dark web juga digunakan oleh para aktivis internet dan jurnalis untuk tetap anonim saat menyampaikan atau mengumpulkan informasi, terutama di negara-negara di mana internet disensor secara ketat oleh pemerintah mereka.

Mesin pencari untuk mereka yang peduli dengan privasinya seperti DuckDuckGo – menjalankan layanan bagi Anda untuk membuka situs-situs yang merupakan Dark Web. Situs web di web Gelap, yang disandikan dengan domain .onion, juga dapat diakses menggunakan browser seperti browser Tor atau layanan serupa.

Meskipun tidak ilegal untuk mengakses web gelap, perlu diketahui bahwa banyak situs menawarkan layanan ilegal dan mengaksesnya mungkin tidak sesuai dalam banyak hal di mana Anda berasal.

Web gelap tidak semewah dan seinteraktif web permukaan lainnya – atau Internet seperti yang kita kenal dan gunakan setiap hari dan situs webnya biasa-biasa saja.

Untuk mengakses situs web di web gelap, Anda memerlukan URL situs yang tepat (.onion) dari situs tersebut atau Anda dapat mencoba keberuntungan Anda dengan mesin pencari terbatas untuk Web Gelap seperti The Hidden Wiki.

APAKAH DARK WEB BERBAHAYA?

Sementara sebagian besar situs web di Web Gelap berurusan dengan aktivitas ilegal, situs web seperti Facebook, The Intercept, ProPublica memiliki versi dengan URL .onion – tidak ada kejadian ilegal di situs web tersebut.

Wartawan dan aktivis di internet menggunakan Dark Web untuk menghindari pembatasan dan menjaga anonimitas dan privasi saat bertukar informasi. Tidak semua yang ada di internet adalah hal yang buruk karena semua tergantung kita yang menggunakannya untuk tujuan apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *