Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Enkripsi pada perangkat Android diperkenalkan kembali oleh Google dengan peluncuran Android Gingerbread (2.3), dan ini adalah fitur yang cukup berguna jika Anda mengkhawatirkan keamanan perangkat dan privasi data pribadi Anda.

Sebagian besar perangkat Android akhir-akhir ini merilis perangkat Android yang lebih tinggi yang menjalankan Android Lollipop atau lebih tinggi dengan enkripsi yang memungkinkan enkripsi otomatis, sementara di sisi lain pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Karena enkripsi menghambat kinerja ponsel, Android menghadirkan enkripsi sebagai opsi untuk perangkat dengan spesifikasi perangkat keras rendah.

MENGAPA SAYA HARUS MENGENKRIPSI PONSEL SAYA?

Android menggunakan dm-crypt, sistem enkripsi disk standar di kernel Linux, untuk menyimpan data di ponsel Anda secara acak, sehingga tidak dapat dibaca. Mengenkripsi telepon melindungi data Anda, yang bahkan bisa lebih berguna untuk data rahasia untuk mencegah bahaya spionase.

Namun, meskipun kita hanya individu dalam kehidupan sehari-hari kita, perangkat enkripsi mungkin merupakan pilihan yang tepat, terutama terhadap meningkatnya bahaya online.

Bahkan jika Anda mungkin tidak memiliki identitas rahasia dan data pribadi dan keuangan lainnya di ponsel Anda – yang jika dimasukkan ke tangan yang salah dapat menempatkan Anda dalam situasi berbahaya seperti Pencurian identitas atau penipuan keuangan.

Di versi Android Lollipop (5.1) dan yang lebih baru, pengguna dapat memilih apakah akan memiliki PIN atau Kata Sandi dalam enkripsi Anda atau tidak. Selalu disarankan untuk mengatur kata sandi untuk perlindungan optimal.

Meskipun ada metode lanjutan untuk memecahkan perangkat terenkripsi, itu tidak berarti Anda harus mempermudah penyerang untuk mengakses data Anda di ponsel Android Anda. Jika Anda masih bingung tentang bagaimana ini dapat membantu, pikirkan mengapa Anda memiliki kunci layar di layar beranda ponsel Anda?

ENKRIPSI MEMPERLAMBAT KINERJA PONSEL ANDROID

Setelah Anda mengenkripsi ponsel Anda, Anda perlu mendekripsi data setiap kali Anda membukanya menggunakan kata sandi atau PIN, yang berarti lebih banyak memori akan digunakan oleh operasi Android ini yang mengakibatkan penurunan kinerja perangkat spesifikasi rendah.

Setelah Anda mengaktifkan enkripsi, data tidak akan kembali kecuali dengan menyetel ulang perangkat – yang berarti Anda akan kehilangan semua data dari perangkat dan harus memulai dari awal.

BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN ENKRIPSI PADA ANDROID?

Enkripsi adalah fitur bawaan di OS Android dan Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak atau aplikasi pihak ketiga apa pun untuk melakukan tugas tersebut. Opsi untuk mengaktifkan enkripsi dapat ditemukan di pengaturan ponsel Android Anda tetapi mungkin berada di lokasi yang sedikit berbeda dari setiap versi Android tergantung pada ponsel Anda masing-masing.

Misalnya, pengaturan enkripsi pada perangkat Xiaomi dapat ditemukan di Pengaturan Tambahan, di bawah menu ‘Privasi’.

Sementara itu, di ponsel Android lainnya, Anda perlu mengakses ‘Keamanan’ di bawah Pengaturan telepon. Anda akan melihat opsi untuk ‘Enkripsi Telepon’ di sub judul ‘Enkripsi’. Jika perangkat Anda dienkripsi, itu akan memberikan informasi bahwa ponsel Android Anda dienkripsi.

Jika tidak atau tidak dienkripsi, tekan saja opsi Enkripsi Telepon dan perangkat akan membawa Anda ke layar berikutnya yang akan memberi tahu Anda cara mengenkripsi perangkat untuk mengubah kinerjanya dan berapa lama prosesnya.

Sebelum Anda melanjutkan dengan enkripsi, pastikan baterai Anda setidaknya terisi 80% karena enkripsi dapat memakan waktu lebih dari satu jam, dan perangkat harus dicolokkan ke sumber listrik selama proses tersebut.

Beberapa perangkat Android juga menawarkan untuk mengenkripsi konten kartu SD, Anda akan melihat opsi yang sama dan dapat memilih untuk mengenkripsi data pada memori eksternal Anda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *