Apa itu pembelajaran mikro? Bagaimana cara kerjanya? lihat contoh

Kita hidup di dunia yang serba cepat dan teknologi. Microlearning adalah hasil dari transformasi digital yang telah berlangsung. Banyak dari kita tidak lagi memiliki waktu untuk duduk di kelas dan belajar sesuatu yang baru. Di sisi lain, digital natives juga tidak lagi tertarik dengan model pembelajaran lama. Untuk kedua kasus, solusinya adalah microlearning.

Menurut laporan dari saran perangkat lunakmicrolearning memiliki kemampuan yang lebih besar untuk terlibat. Lebih dari setengah dari 385 karyawan yang berpartisipasi dalam survei mengungkapkan bahwa Saya akan lebih banyak menggunakan alat pembelajaran perusahaan jika kursus lebih pendek. Selain itu, mereka menyimpulkan bahwa kursus yang lebih lama, selain lebih menantang, membutuhkan lebih banyak waktu yang tersedia.

Namun, untuk bersikap asertif perlu mengetahui cara kerja microlearning, karena harus dipikirkan dan direncanakan dengan sangat baik. Pembelajaran mikro perlu disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari seseorang dan dengan pil pengetahuan yang kecil dan cepat, serta dapat diakses kapan saja dan dari platform pilihan.

Microlearning sedang tren di seluruh dunia dan sebelum menjelaskan cara kerja microlearning, pahami dulu apa itu microlearning. Memeriksa.

Apa itu pembelajaran mikro?

Microlearning adalah metodologi pembelajaran. Terdiri dari manfaatkan setiap saat untuk mempelajari sesuatu yang berbeda melalui konten yang cepat dan kaya. Jenis pembelajaran ini seperti mengambil pil konten untuk belajar dalam interval pendek hari Anda.

Artinya, belajar tentang topik yang diberikan secepat mungkin. Pada akhirnya, setelah waktu itu Anda tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Ini adalah perolehan pengetahuan melalui pil konten, dalam format audio, video, teks atau bahkan game.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua konten pendek dapat dianggap sebagai pembelajaran mikro. Hal ini karena definisi dari apa microlearning terkait dengan kemampuan untuk mempelajari konten.

Baca juga: Strategi pembelajaran yang digunakan di lingkungan sekolah: 5 tips untuk meningkatkan hasil siswa

Jadi jika itu dangkal atau tidak memberikan informasi yang cukup untuk Anda praktikkan segera setelah Anda melihat, mendengar, atau membacanya, maka itu tidak dapat dianggap sebagai pembelajaran mikro, bukan? Tapi lalu bagaimana cara kerja microlearning? Itulah yang akan kami jelaskan sekarang.

Bagaimana cara kerja pembelajaran mikro?

Langkah pertama dalam memahami cara menerapkan pembelajaran mikro adalah mempertimbangkan konten tersebut dalam format ini itu tidak bisa dilakukan hanya sebagai fragmentasi dari sesuatu yang lebih besar. Itu karena Anda perlu mendapatkan perhatian dari orang yang akan mengkonsumsinya dan memastikan bahwa dia dapat dengan cepat memahami apa yang ingin Anda ajarkan.

Dengan cara ini, itu perlu memetakan kebutuhan dan tujuan audiens siapa yang ingin Anda ajak bicara Ketika Anda tahu apa yang mereka butuhkan, menciptakan pembelajaran mikro yang berkualitas dan efektif menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan yang baik.

baca juga: Apa itu pendidikan yang terhubung dan bagaimana cara kerjanya dalam praktik?

Setelah Anda tahu persis apa yang dibutuhkan audiens Anda dan bagaimana menanggapi kebutuhan mereka, inilah saatnya untuk memikirkan cara mengubah konten Anda untuk pembelajaran mikro. Seperti yang kami katakan sebelumnya, penting bahwa kontennya kaya dan menarik.

Untuk ini dimungkinkan gunakan berbagai cara seperti teks, podcast, video, presentasi, dan bahkan game. Perlu juga diingat untuk membiarkan konten diadaptasi untuk tablet dan ponsel. Ini karena sebagian besar orang menggunakan perangkat seluler ini untuk belajar.

Juga, menunjukkan konten yang lebih padat sehingga orang tersebut dapat mempelajari lebih dalam topik tersebut, jika mereka menginginkan atau merasa perlu. Itu juga mungkin mengintegrasikan konten ini ke dalam kelas interaktifdalam kasus sekolah dan perguruan tinggi, misalnya, menggunakan platform seperti Kelas Google untuk membahas topik microlearning.

Berikut ini lebih lanjut: Apa manfaat Google Classroom? Cari tahu apakah itu layak digunakan

Ada beberapa cara untuk mengetahui bagaimana menerapkan microlearning, di bawah ini kami pisahkan beberapa contoh microlearning. Memeriksa!

Contoh Pembelajaran Mikro

Ada beberapa contoh microlearning, yang paling klasik kelas video film pendek dengan durasi maksimal 10 menit. Selain mereka, kami juga dapat mempertimbangkan beberapa podcast video pendidikan dari pelatihan perusahaanbeberapa Video Youtube, blog, itu sudah termasuk konferensi tedx.

Baca juga: Cara menggunakan podcast di kelas: lebih banyak dinamisme, kreativitas, dan komitmen dalam mengajar!

Microlearning: Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan dari pembelajaran mikro

  • Kemudahan implementasi, karena tidak banyak sumber daya yang dibutuhkan;
  • konten yang menarik;
  • Pembaruan yang lebih konstan;
  • Pembaruan konten lebih mudah, dengan biaya lebih rendah;
  • Kemungkinan memahami berbagai topik dalam waktu singkat;
  • Menghemat waktu;
  • Mudah untuk mendamaikan studi dengan kegiatan lain;
  • berkontribusi untuk belajar sepanjang hayat atau belajar terus menerus.

Kekurangan microlearning

  • Produksi yang lebih kompleks: konten harus cepat dikonsumsi, menarik dan dengan banyak informasi pada saat yang bersamaan;
  • Sedikit ruang untuk diskusi lebih lanjut tentang subjek.

Sekarang setelah Anda melihat cara kerja microlearning serta kelebihan dan kekurangannya, Anda telah menyadari bahwa metodologi ini perlu digabungkan dengan membaca artikel yang lebih solid, berpartisipasi dalam konferensi dan kursus. Toh, hal inilah yang akan membuat pembelajaran semakin mantap.

Jika Anda ingin mulai menggunakan microlearning di sekolah, tetapi belum memiliki sumber daya digital. Bagaimana dengan mempelajari lebih lanjut tentang Google Classroom dan Google for Education? Lihat video di bawah ini untuk sedikit lebih banyak:

ITU Pendidikan Safetec Bantu bawa inovasi ini ke sekolah Anda. Hubungi tim kami dan cari tahu bagaimana kami dapat membantu Anda menyelaraskan teknologi dengan metode pengajaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *