Tim Usemobile di Startup Weekend Viçosa • Usemobile

Akhir pekan ini, antara 18 dan 20 Agustus, Viçosa Startup Weekend berlangsung. Acara ini diadakan untuk ketiga kalinya di kota tersebut dan menonjol sebagai aksi global yang hadir di 150 negara dan mencapai angka 8.000 startup yang dibuat dalam acara yang diadakan. Edisi berlangsung di Pusat Teknologi Pengembangan Regional Viçosa – CENTEV.

Acara Startup Weekend berlangsung di berbagai kota di tanah air. Tujuannya adalah untuk memberikan insentif bagi kewirausahaan dan inovasi. Model aksi terdiri dari 54 jam perendaman di mana peserta memiliki kesempatan untuk membangun model bisnis, yaitu menyelidiki, mengevaluasi, dan mengidealkan ide yang menguntungkan yang dapat diterapkan ke pasar saat ini.

Dalam Startup Weekend Viçosa ini, untuk menawarkan bantuan kepada 55 peserta, acara tersebut menghadirkan mentor ahli dari berbagai bidang, dengan pengalaman di pasar digital. Di antara mereka adalah pebisnis dan CEO 21bitz, Marco Túlio Teixeira de Faria, administrator dan penggila area Pemasaran Digital, pebisnis dan CEO startup Plug CRM dan Hirebot, Luis Lourenço, yang bekerja di area penjualan dengan pengalaman di bidang besar perusahaan. , dan Direktur Bisnis Usemobile, Conrado Carneiro, tokoh terkemuka di sektor pengembangan perangkat lunak dan teknologi.

Ruang yang mendapat dukungan dari SIMI, Sistem Inovasi Minas Gerais, dirancang agar pengusaha dapat membantu memberdayakan masyarakat dan komunitas. Proposalnya adalah para peserta berbagi ide startup mereka, membentuk tim dan meluncurkan bisnis mereka, untuk mengetahui apakah mereka layak.

Proses pembuatan Viçosa Akhir Pekan Startup

Pada hari Jumat (18), terjadi brainstorming dan kerjasama tim yang hebat. Dari ide-ide tersebut, yang paling banyak dipilih dipilih untuk dikembangkan. Dari sana, sebuah perjalanan dimulai, dengan tujuan mengembangkan model bisnis hanya dalam 54 jam.

Di bagian acara ini, para peserta harus berpikir di luar pengembangan proyek, perlu turun ke lapangan untuk menguji kelayakan bisnis dan mencari pengikut. Ini terjadi pada hari Sabtu, tim turun ke jalan untuk mencari pelanggan. Misinya adalah untuk menunjukkan bahwa ide-ide mereka layak secara ekonomi dan sangat diperlukan bagi masyarakat.
Akhir pekan berakhir dengan presentasi proyek kepada pengusaha sukses dalam kesempatan untuk menerima umpan balik. Ada sekitar 10 orang yang terlibat dalam organisasi, 10 mentor dan 3 juri yang memilih proyek terbaik.

Gunakan ponsel di Startup Weekend Viçosa

Seperti tradisi, sebagian besar tim Usemobile hadir di Startup Weekend Viçosa. Di antara para peserta, pengembang back-end dan front-end kami, Patrick Brunoro dan Debora Nasser, serta pengembang Android dan iOS, Guilherme Rocha dan Claudio Madureira.

Proyek tim Debora Nasser mengambil nama PedeAqui. Idenya adalah membuat aplikasi sehingga orang sendiri dapat mengakses menu dan melakukan pemesanan saat berada di meja restoran. Kebaruan yang terkandung dalam aplikasi tersebut adalah kemungkinan berbagi nilai dari setiap produk yang dipesan hanya dengan orang yang akan mengkonsumsinya. Tim tersebut terdiri dari 7 orang, di antaranya: Roosevelt de Castro, André Luis Silva, Júlia Pimentel, Rodrigo Otávio, Saulo Costa, Ricardo Keita dan Debora.

Proposal tim diterima oleh dewan juri dan mereka memperoleh juara 3 dari 55 peserta yang mengikuti acara tersebut. Menurut pengembang front-end kami, bagian yang paling menakjubkan bukanlah hadiahnya, tetapi semua pembelajaran: “Perasaan berada di posisi ketiga sangat bagus! Saya bahkan lebih bahagia melihat hasil kerja kami dan semua ilmu yang kami dapatkan di Startup Weekend. Semua kelelahan itu sepadan. Juga, dapat mengandalkan pengalaman para mentor adalah sesuatu yang sangat membantu kami, bahkan ketika mereka mengkritik pekerjaan kami. Menerima kritik dan berusaha menjadi lebih baik adalah salah satu faktor yang membawa kami ke posisi ketiga”, kata Débora.

Equipo Merca Di Casa

Pengembang Android kami, Guilherme Rocha, yang berada di periode ke-7 Ilmu Komputer di UFOP, membentuk tim dengan orang-orang dari berbagai daerah. Renan Calheiros dan Rodrigo Lopes, dari administrasi, Izabela Galvão dari bidang Pemasaran, Caio Lana, Teknik/Desain Hutan dan Anelize memiliki gelar Sarjana Hukum.

Proyek grup menawarkan solusi bagi orang-orang yang kesulitan pergi ke supermarket. Apakah karena kurangnya ketersediaan, lalu lintas atau berbagai faktor lainnya. Untuk mencoba mencari solusi atas masalah ini, mereka mengembangkan platform digital yang memungkinkan pengguna membeli dari mana saja, tanpa harus pergi ke pasar. Masih di acara tersebut, mereka bahkan melakukan tes dan menghasilkan 4 penjualan dalam satu jam operasi. Guilherme sangat antusias dengan proyek tersebut dan menekankan pentingnya berpartisipasi dalam acara tersebut. “Idenya sangat bagus dan menarik untuk diselesaikan pengembangannya, mungkin kelasnya akan terdorong. Itu sangat penting untuk pertumbuhan profesional saya. Meskipun saya tidak mengenal siapa pun di tim saya, saya dapat belajar banyak dari mereka, terutama karena mereka berasal dari daerah yang sama sekali berbeda dengan saya,” kata Rocha.

Tim FazTudoApp

Rombongan terdiri dari 4 orang. Pengembang IOS kami, Cláudio Madureira, pengembang back-end kami, Patrick Brunoro, Leonel Neres de Souza Ferro, presiden AIESEC di Viçosa, dan Gilberto Ribeiro Alves Junior, lulusan Ilmu Akuntansi.

Tim memiliki lintasan yang berbeda selama acara; Mereka memulai dengan sebuah ide yang akhirnya tidak valid, tetapi mereka berhasil, di tengah acara, untuk memulai proyek lain dan memajukannya. Proyek baru ini terdiri dari menyatukan orang-orang yang tidak punya waktu dengan orang-orang yang tidak punya uang, yaitu memungkinkan mahasiswa, misalnya, untuk menambah penghasilan bulanan mereka dengan melakukan layanan harian kecil untuk orang lain. , seperti mengajak anjing jalan-jalan atau mengganti pancuran. Meski dengan berbagai kesulitan, tim ini mendapatkan Honorable Mention di ajang penghargaan karena telah menunjukkan asimilasi semangat kewirausahaan, memenuhi tujuan Startup Weekend Viçosa.

Pada akhirnya, grup tersebut memenangkan penghargaan terhormat untuk penyelenggaraan acara tersebut, yang mereka anggap sebagai model bisnis yang menguntungkan dan efisien.

Pengembang IOS kami, Claudio Madureira, berbicara sedikit tentang pengalaman mengikuti acara tersebut. “Saya pikir itu luar biasa! Saya memiliki kesempatan untuk memahami apa yang diperlukan agar suatu produk dapat diterima (temukan masalahnya, tentukan solusi kami untuk itu), terkadang ide aplikasi itu keren, tetapi tidak ada gunanya jika itu tidak diterima. Saya dapat bekerja sebagai tim dan dengan tenggat waktu yang sangat singkat dan terutama dengan profil orang yang berbeda.” kata Claude.

Setelah mendapat honorable mention, siswa tersebut merasa sangat bangga. “Awalnya saya tidak percaya. Itu fantastis! Beberapa saat kemudian dia masih gemetar. Itu adalah akhir pekan yang akan dikenang selama sisa hidup saya.” komentarnya, Madurai.

Akhir Pekan Startup Berikutnya di Minas Gerais

Dari kesaksian itu mungkin untuk melihat bahwa Uso juga tumbuh. Partisipasi bagian dari tim kami dalam acara seperti Startup Weekend Viçosa sangat penting. Direktur Komersial kami, Conrado Carneiro, berbicara sedikit tentang pengalaman menjadi seorang mentor. “Berpartisipasi sebagai Mentor memberi saya pengalaman yang sama sekali berbeda dari pertama kali saya berpartisipasi, di Startup Weekend di Lavras. Saya memiliki pengalaman penuh tentang apa yang terjadi ‘di balik layar’, senang bisa membimbing tim dan melihat evolusi mereka sepanjang hari.” tetap.

Di penghujung hari, acara memenuhi peran tersebut. Menyebarluaskan pengetahuan kewirausahaan, juga menawarkan kemungkinan untuk mengembangkan ide. Selain mendapat dukungan dari orang-orang yang memiliki keahlian membuat aplikasi dan mengembangkan brand.

Dengan semua struktur ini, acara tersebut sudah sukses di lingkungan kewirausahaan yang berkembang pesat di seluruh dunia. Acara selanjutnya di negara bagian Minas Gerais akan diadakan di Governador Valadares pada 25 Agustus, Itajubá antara 1 dan 3 September dan Belo Horizonte antara 15 dan 17 September. Bagi mereka yang berasal dari Ouro Preto dan tertarik dengan acara tersebut, ada kemungkinan bahwa itu akan segera diadakan di kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *